Minggu, 06 April 2014

Kota Bekasi

     Malam hampir menjelang. Kumainkan kursor di laptopku. Entah apa yang kulakukan. Termenung melihat twitter di layar. Tidak ada apa-apa. Kulahap sepotong roti bakar di sampingku, pandanganku kosong. Entah apa yang kupikirkan.
 
     Tweet demi tweet bermunculan. Aku nggak ngerti, apa perasaanku yang lagi sensitif, atau apa, namun kurasa banyak sekali tweet bertemakan ‘Bekasi’ atau ‘Pulang’ atau yang lebih parah ‘Pulang ke Bekasi’, apalah itu.
 
     Ya, Bekasi. Bekasi hanyalah sebuah kota di pinggiran Ibu Kota Negara, di pinggiran Jakarta. Kalau ditanya di Bekasi ada apa, jawabanku nggak banyak. Di Bekasi cuma ada rumahku, sekolahku, dan kehidupanku. Mall di mana-mana. Nggak kayak Surabaya yang minimal masih punya beberapa tempat sejarah, apalagi kayak Malang yang wisatanya di mana-mana. Ya, inilah Bekasi. Cuma sebuah kota yang lebih banyak ikut-ikutnya daripada membangun jati dirinya.

Ya, macet. Ya, panas. Ya, jalanannya jelek. Ya, nggak ada tempat hiburan.

Ya, ya, ya, ya!!!!

     Aku menjelek-jelekkan Bekasi? Ya terserah kamu aja mau bilang apa. Aku cuma mengungkapkan menurutku aja, kok. Toh bagaimanapun Bekasi, aku tetap rindu sama Bekasi. 2002-2013. Terserah juga deh mau bilang itu lama atau sebentar. Aku tetap kangen Bekasi beserta isi-isinya
 
     Percaya atau enggak, aku baru tau sejarahnya Bekasi ya pas mau nulis postingan ini. Jadi ternyata, dulu tuh Bekasi adalah ibukota Kerajaan Tarumanegara dengan sebutan Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri. Di Bekasi lah tempat asal Maharaja Tarusbawa, pendiri Kerajaan Sunda. Waktu jaman kolonial Belanda, banyak orang keturunan Cina tinggal di sini. Hm, Bekasi dulu merupakan salah satu kantor dari Kabupaten Meester Cornelis, atau Jatinegara. Tahun 1950 namanya diubah menjadi Kabupaten Bekasi. Tahun 1982 jadi kota administratif Bekasi. Tahun 1996 namanya jadi Kotamadya Bekasi. (Sumber: Wikipedia)
 
     Lumayan, lah, kangen-kangen jadi nambah pengetahuan.hehehe Nah, apakah menurut kalian kangenku sudah hilang? Belum, sampai pada akhirnya aku sendiri yang menginjakkan kaki di Kota Bekasi.

Sampai bertemu, Kota Bekasi.





06-04-2013  18.24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar