Senin, 31 Maret 2014

Simulasi Pelatihan

Di kampusku—aku nggak tau di kampus lain ada atau enggak—ada yang namanya latihan keterampilan kemanajerialan mahasiswa, atau yang selanjutnya kita singkat menjadi LKMM. Dari tingkat yang dasar banget, yaitu manajemen diri, manajemen kegiatan, manajemen organisasi, sampai ke tingkat manajemen massa.

Baru saja aku mengkuti LKMM Tingkat Dasar, tingkat ke-dua, manajemen kegiatan. Dari tiga hari yang telah kulewati, aku mendapatkan satu hal: Setiap kegiatan harus dilandasi dengan dasar yang kuat. Agar kegiatan itu memberikan manfaat, baik bagi sasaran kegiatan, maupun penyelenggara kegiatan.


Sekarang coba kita simulasi dari materi paling pertama, materi AKL, alias Analisa Kondisi Lingkungan.

Strength: Kita udah kenal deket
Weakness: Kita udah jarang ketemu
Opportunity: Weekend libur
Threat: Orang-orang iri sama kita, tapi bodo amatlah hahaha


Nah materi selanjutnya adalah Perumusan Gagasan Awal, alias PGA yang melahirkan konsep kegiatan.

What: Jalan-jalan keliling kota
Why: Biar kita bisa ngobrol lagi, kita udah jarang ketemu. Aku kangen
When: Weekend ini
Where: Ketemuan di depan kosku, terus kita makan enak di cafe enak. Terus kamu ajak aku ke atap gedung itu
Who: Aku dan Kamu
How Much: Berapa aja, aku ikhlas kalo sama kamu

Tolok Ukur Keberhasilannya adalah yang penting ada kamu, dan kita jalan. Itu aja udah cukup.

Perencanaan Jadwal Kerjanya adalah sebagai berikut:

19.00 sholat isya di kosan masing-masing
19.15 kamu otw jemput aku
19.30 kamu nyampe di kosanku, kita cus
19.45 kita nyampe cafe yang dituju, terus makan dan ngobrol
20.15 kita keluar cafe, langsung keliling-keliling kota dan menikmati udara malam kota ini
21.00 Langsung menuju gedung tinggi itu
21.20 kita sampai di atap gedung itu. Kita lihat keindahan Kota ini di malam hari
22.00 kita pulang, kamu antar aku ke kosanku

Menanggapi kalimatku yang di atas: Setiap kegiatan harus dilandasi dasar yang kuat, kegiatan yang kubuat kali ini adalah berdasarkan rasa rinduku padamu.




-    Ini cuma khayalan aja. Tokoh ‘kamu’ dan ‘aku’ di atas cuma khayalan, tapi aku beneran ikut LKMM TD kemarin
-    Plis ini Cuma bercandaan
-    Kakak-kakak yang baca ini jangan marah, ya, gara-gara LKMM-nya kubuat bercandaan. Tapi ini murni bercanda, kok. Aku ikut pelatihan kemarin serius, kok. Sumpah dah, nanti penerapannnya nggak kayak gini ._.v


31-03-2014 21.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar